Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Lubuak Batu Kamba, Destinasi Wisata Baru di Ngalau yang Siap Dipoles



raunholic.com -- Kota Padang Panjang memang memiliki kekayaan alam yang indah dan menarik untuk dikunjungi. Dikelilingi oleh perbukitan dan gunung, menjadikan hawa di Padang Panjang terasa nyaman untuk menjadi tujuan liburan diakhir pekan.

Sungai-sungai dan lubuk di Kota Padang Panjang juga memiliki air yang jernih dan sejuk. Mengasyikkan buat siapa pun untuk bermain air dan mandi-mandi melepas penat.

Salah satu destinasi wisata yang memiliki potensi dan cukup prospektif untuk dikembangkan adalah  Lubuak Batu Kamba yang berada di Kelurahan Ngalau. Masyarakat di sekitar lokasi objek wisata ini perlahan namun pasti telah melakukan berbagai perbaikan.

Objek wisata yang akan dibangun diantaranya pemandian alam, tempat pemancingan ikan, dan bumi perkemahan. Tujuannya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar, memberikan wahana untuk anak-anak dan keluarga.



Kondisi saat ini, masyarakat sedang berupaya melakukan beberapa perbaikan agar tempat pemandian yang ada bisa lebih nyaman dan aman buat anak-anak.

Tidak hanya itu, warga juga bisa menyalurkan hobi memancing ikan di lokasi  objek wisata Lubuak Batu Kamba. Namun saat ini, pemancingan belum selesai dibenahi jadi warga sekitar memancing ditempat yang sudah disediakan. Dan ikan pancingan yang masih kecil-kecil jadikan bibit untuk kolam Pokdakan (Kelompok Budidaya Ikan).


Dari masyarakat juga menebarkan bibit ikan di kolam Batu Kamba untuk menambah populasi ikan. Sehingga ketersediaan ikan di kolam bisa lebih mencukupi. Kendala yang dihadapi pembangunan objek wisata ini adalah dalam pembangunan DAM yang menghabiskan anggaran kurang lebih 247 Juta.

Januar Efendi, salah seorang Tokoh Pemuda  menjelaskan bahwa sebelum objek wisata ini dibangun, kolam yang ada di wisata ini termasuk dalam Program Kolam Air Deras, sempat panen selama 4 tahun namun air naik karena hujan deras dan mengalami kerugian.

" Kemudian, warga sekitar mendapatkan ide untuk mencoba membangun objek wisata baru karena lahan nya pun juga mendukung," katanya.



Ariyanto, Ketua RT 3 Kelurahan Ngalau menegaskan pihaknya sangat mendukung adanya pembangunan objek wisata di Lubuak Batu Kamba.

" Kami berharap mudah-mudahan ada bantuan dari pihak-pihak terkait dalam proses pembangunan objek wisata baru di Lubuak Batu Kamba Kelurahan Ngalau," harap Ariyanto.

Dalam kesempatan yang sama, Riswandi sebagai Ketua Pokdakan Lubuak Batu Kamba berkomitmen untuk terus mengembangkan dan menata objek wisata ini sehingga bisa menjadi Wisata Unggulan dan diminati masyarakat. Seluruh pihak yang berada di RT 03 Kelurahan Ngalau  bersepakat  untuk merealisasikan objek wisata ini akan segera terwujud. (*)