Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Janjang Sajuta, Meniti Tangga Menikmati Hijaunya Gunung Singgalang



#raunholic -- Kabupaten Agam memiliki destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Sebab, keindahan dan keunikan berbagai lokasi wisata tersebut punya keunikan sendiri. Salah satunya adalah Sajuta Janjang yang berlokasi di lereng Gunung Singgalang.


Sajuta Janjang memiliki panjang sekitar 3.7 kilometer. Para wisatawan yang berkunjung melintasi ‘janjang’ tersebut, akan mendapati pemandangan Nagari Balingka dan Ngarai Sianok. Ketika berada di separoh jalan, pengunjung bisa menikmati pemandangan Gunung Merapi. Setelah mencapai puncak Bukit Pinus, pengunjung akan disuguhi panorama Bukit Taman Raya Balingka dan Kota Bukittinggi.




Sajuta Janjang dengan plataran Pinus Lereng Singgalang, berada di kanagarian Pakan Sinayan, Kecamatan Banuhampu, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Meski objek wisata ini belum seratus persen rampung pengerjaannya, namun para pengunjung sudah mendatangi lokasi tersebut.

Lokasi wisata Sajuta Janjang sekitar 42 kilometer dari pusat ibukota Kabupaten Agam. Jarak tersebut bisa ditempuh dengan waktu 1.5 jam.




Untuk masuk ke sini, pengunjung harus sudah sampai di lokasi saat siang hari. Tujuannya supaya tetap bisa melihat keindahan panorama sekitar. Selain itu, pemerintah setempat hanya membuka kunjungan hingga pukul 17.00 saja, dikarenakan untuk keamanan pengunjung itu sendiri. Kontur alam yang penuh tanjakan dan berliku, tidak memungkinkan dikunjungi saat gelap.

Tidak ada biaya untuk masuk ke Sajuta Janjang alias gratis. Ini dikarenakan tempat tersebut masih menjadi wisata baru. Selain itu, pemerintah setempat juga ingin mempromosikan Janjang Sajuta lebih luas ke khalayak ramai. Pengunjung hanya perlu membayar biaya parkir saja, yakni untuk sepeda motor Rp. 3.000 dan mobil Rp.
5.000. (Sumbar Travel)