Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pangek Ikan Bilih, Bekal Lezat Kala Naik Haji


#raunholic --  Berbicara tentang ikan bilih Danau Singkarak,  ada menu spesial yang cukup menjadi favorit bagi penyuka ikan bilih yaitu Pangek Ikan Bilih. 
Pangek bilih merupakan salah satu jenis olahan masakan yang berbahan dasar ikan endemik ini. Bumbunya sendiri tidak terlalu banyak. Di antaranya, daun kunyit, batang kemiri dan cabai yang diiris hingga halus dan rempah-rempah lain. 
Pangek bilih merupakan olahan yang kaya rempah, terutama yang berasal dari kunyit. Pangek hampir sama dengan rendang. Olahannya memiliki daya tahan yang lama. 
Sehingga dulu, orang-orang yang pergi ibadah haji ke Mekkah, selain membawa rendang, ada juga yang membawa pangek. Pangek bilih bagi masyarakat sekitar merupakan sajian wajib ketika ada acara adat atau keagamaan.  
Jika Anda hendak mencicipinya, silahkan berkunjung ke Sumatera Barat, tepatnya di Danau Singkarak. Di rumah-rumah makan yang terdapat di sepanjang bibir danau, Anda bisa memesan pangek bilih.  
Luar biasa rasanya,  pasti Anda akan merasakan kenikmatan dunia makan pangek bilih sambil menikmati indahnya bentang alam Danau Singkarak.  
Meskipun Minangkabau banyak memiliki masakan yang hampir disukai di seluruh Indonesia, bahkan rendang dinobatkan menjadi makan terenak di dunia, tapi cobalah untuk cicipi pangek ikan Bilih, karena olahannya khas dan bahannya juga hanya terdapat di Sumatera Barat .  
Jadi rugi Anda jika tidak menyempatkan diri mencicipi makanan ini ketika berkunjung ke ranah Minang.(*)