Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kudapan Legendaris Kala Ramadhan di Minang: Lamang Tapai


#raunholic -- Sumatera Barat adalah salah satu propinsi yang kaya dengan beraneka ragam kuliner yang menggoda selera. Ada satu kuliner legendaris di Minangkabau yang sering disajikan sebagai menu buka puasa. Di Sumatera Barat, nyaris semua produk kudapan tradisional muncul di tengah masyarakat setiap Ramadan.

Salah satu kuliner tradisionel yang kerap ditemukan setiap Ramadan adalah Lamang Tapai. Penganan khas ini dikenal berasal dari Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar. Sekarang, hampir semua orang di pelosok Sumatera Barat sudah pandai membuat Lamang Tapai.

Lamang Tapai adalah makanan pembuka sebelum menyantap hidangan utama saat buka puasa. Lamang terbuat dari beras ketan dicampur santan. Bahan ini kemudian dimasukkan ke dalam bambu yang sudah dilapisi daun pisang.



Bambu berisi beras ketan dan santan tadi dibakar di atas tungku selama sekitar 2 jam. Setelah didinginkan, keluarkan Lamang yang sudah melekat ke daun pisang. Potong-potong sesuai selera.

Setelah itu, bubuhi Lemang dengan Tapai yang terbuat dari fermentasi beras ketan hitam dengan ragi. Tapai ini berkuah manis karena dicampur gula pasir.



"Waktu saya kecil, sampai berebut mau makan Lamang Tapai dengan anak-anak lain," kata Bustami, 67 tahun, warga Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, Sumatera Barat. "Sekarang Lamang Tapai masih disukai, tapi mungkin anak-anak zaman sekarang kurang." ( Rilis )