Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Air Terjun Batang Aie Duo, Mutiara Di Kaki Gunung Singgalang



#raunholic -- Luhak Nan Tuo tidak hanya memiliki keindahan wisata budaya dan kulinernya tapi juga alamnya nan elok. Salah satunya adalah lokasi air terjun Batang Aie Duo di Jorong Sikadundung, Nagari Singgalang , Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

Bak mutiara terpendam, mungkin seuntai kata ini sangat cocok untuk mengawali kisah keberadaan dan keindahan air terjun Batang Aie Duo.

Cukup banyak yang belum tahu keberadaan pesona wisata satu ini. Untuk mencapai lokasi air terjun memang tidaklah mudah, sebab berada di tengah hutan  di Kaki Gunung Tandikek dan Kaki Gunung Singgalang. Dengan sungai bebatuan yang licin menjadi tantangan tersendiri saat menuju lokasi.

Tapi hal ini sepadan dengan apa yang akan disuguhkan oleh keindahan alamnya ketika pengunjung tiba di lokasi tersebut. Yenny Surachman, akuntan yang juga penghobi wisata alam  mengatakan air terjun ini sangat cocok bagi mereka yang senang berwisata sambil trekking.




“Rute menuju lokasinya memang tidaklah mudah untuk dijangkau. Melintasi sungai dan menembus hutan  menjadi tantangan tersendiri. Makanya tempat wisata yang satu ini beda dengan yang lain,” katanya, Minggu (06/11/2016).

Menurut Yenny , akan lebih istimewa jika akses menuju Batang Aie Duo dibuat ada sejumlah rute untuk mencapai air terjun tersebut. “Perjalanan bisa berkeliling di beberapa tempat, karena cukup banyak potensi lainnya ," tuturnya.

Keindahan Air Terjun Batang Aie Duo ini, lanjut Yenny , sangat unik. Pasalnya, sebelum mencapai air terjun induk, pengunjung terlebih dahulu melalui trek sungai bebatuan yang cukup indah dijadikan spot Photographer.

“Kalau air terjun induknya itu tingginya lebih dari 20 meter, tapi sebelum kita tiba, dapat kita jumpai  anak air terjun setinggi 5 meter. Nah ini salah satu poin plus dalam wisata trekking ini. 

Hutan belantara dan alaminya alam di sekitar juga dapat menjadi poin tersendiri,” jelasnya.
Kebersihan dan keaslian Air Terjun Batang Aie Duo memang masih terjaga. 

Posisinya berada di ketinggian membuat wisatawan dapat melihat tebing-tebing tinggi dan lekukan bebatuan yang sangat indah. Kesejukan dan udara segar sudah pasti dapat dirasakan di sini.

Menurut Pak Jorong Sikadundung, Pak Lelo , pihak pemerintah daerah Tanah Datar pernah berkeinginan menjadikan destinasi wisata tersebut salah satu yang akan dikembangkan. 

Dengan kondisi alam yang masih asri dan belum terjamah orang, Air Terjun Batang Aie Duo dapat menjadi destinasi wisata favorit di Luhak Nan Tuo.

Untuk mencapai lokasi tersebut,  tim #raunholic.com  berangkat dari Padang Panjang menuju Jorong Sikadundung -  Nagari Singgalang . 

Kurang lebih selama 30 menit dengan menggunakan kendaraan roda empat mengarah ke Kaki Gunung Singgalang . Selama perjalanan tersebut, Anda akan melintasi Pemandian Alami Lubuak Mato Kucing, termasuk Jorong-jorong yang ada di Kanagarian Singgalang. Jalanan di Nagari Singgalang sudah beraspal baik, hanya ada beberapa titik yang mulai mengalami kerusakan.

Kendaraan   akan berhenti setelah tiba di sebuah Rumpun Bambu di Jorong Sikadundung ,  kemudian bagian kiri jalan ada jalan setapak atau jalan perladangan warga. Kondisi jalannya agak berlumpur karena ada aliran air di sepanjang jalan tersebut. Agak menurun dan sedikit berbatu. Jarak tempuh lokasi Air Terjun Batang Aie Duo ini ada sekira satu jam dari bibir jalan aspal .




Sesampai di lokasi, Anda akan disambut beberapa batu  besar yang disela-sela nya mengalir air yang jernih. Dari balik itu sudah langsung muncul air terjun dan derasnya air yang turun ke bawah. 

Meski tidak tinggi seperti air terjun daerah lainnya, Air Terjun itu sangatlah menarik untuk disambangi.

Rimbunan pohon-pohon tinggi serta semak-semak ini menutupi lokasi tersebut. Jika Anda  baru datang ke lokasi ini pastinya Anda akan bingung diawal jika tidak bertanya atau tanpa pemandu. 

Sebab lokasi air terjun berada di dalam hutan. Air terjun Batang Aie Duo ini hulunya di Gunung Singgalang, memiliki air yang bersih dari akar-akar kayu yang menyerap air hujan mengalirkan ke hilir sungai.

Nah penasaran kan kenapa air terjun ini dinamakan Air Terjun Batang Aie Duo?
Menurut Pak Jorong Sikadundung , Batang Aie Duo adalah nama dari bertemunya dua Batang Aie ( sungai) yang menjadi hilir dari air terjun tersebut.

“Kalau saat musim hujan , debit air nya akan lebih deras” tuturnya pada kru #raunholic.


Inyong Budi ( #raunholic.com)