Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Nasi Kabaka - Kota Padang Panjang


#raunholic -- Nasi Kabaka atau Nasi Buat Bekal adalah sebuah kearifan lokal ibu-ibu di Ranah Minangkabau dalam membekali anggota keluarganya saat hendak berpergian. Dengan cara penyajian yang dibungkus dengan daun pisang, maka citarasa dari nasi kabaka masih tetap terjaga kenikmatan nya selama di perjalanan.

Banyak filosofi yang terkandung dalam penyajian Nasi Kabaka ini. Salah satunya adalah pesan untuk tetap menjaga makanan yang alami dan higienis. Dan ini adalah bukti bahwa masyarakat Minangkabau adalah masyarakat perantau yang hebat dan tangguh. Sebelum bepergian segala persiapan lahir dan batin telah dipenuhinya. Termasuk Nasi Kabaka sebagai bekal di perjalanan.



Diharapkan Nasi Kabaka kedepan, oleh Dinas Porbudpar Kota Padang Panjang akan dijadikan sebagai salah satu Ikon Wisata Kuliner di Padang Panjang 

Banyak keistimewaan dan keunikan dari Nasi Kabaka ini, yaitu ;
Merupakan tradisi  di masyarakat Minangkabau dan telah merakyat. Dengan kemasan yang unik, citra Nasi Kabaka bisa menjadi identitas dan buah tangan istimewa bagi para wisatawan.


Kemasan dari daun pisang tidak mengunakan plastik sehingga sangat cocok untuk wisata gastronomi dan mendukung Green Tourism.


Nasi Kabaka lebih awet dan tahan lama dan bisa dibawa dalam waktu yang lama


Memberikan kesan mendalam terutama bagi perantau yang pernah punya kenangan dengan nasi ini
Semoga ke depan banyak pengusaha kuliner yang mau mengeksplor lagi kuliner Nasi Kabaka sehingga citra dan pemasaran nya lebih baik lagi.

Sumber : FB.Medi Rosdian dan sedikit diolah