Sampan: Alat Transportasi dan Budaya Masyarakat Mentawai

Foto sampan ( Dok. Askurnis Lubis)

#raunholic -- Sampan sebagai transportasi sungai dan laut, di Mentawai masih tetap menjadi alat yang sangat diperlukan. Di laut sampan digunakan untuk alat transportasi untuk cari ikan seperti mancing, pasang pukat, pasang penjaring dan lain sebagainya.

Selain itu, untuk membawa barang-barang keperluan dari ladang, membawa hasil panen, dan keperluan lainnya. Banyak hal kegunaan Sampan tersebut bagi masyarakat. 

Dahulu, sebelum ada jalan darat dan kendaraan darat seperti sekarang. Masyarakat menjadikan Sampan sebagai alat transportasi utama.

Sampan ini terbuat dari kayu, untuk membuatnya memerlukan waktu yang panjang dan ketegaran hati. 

Cara membuatnya dengan menggunakan peralatan kapak atau beliung dan alat tradisional lainnya. Kayu yang diameternya cukup besar, dibelah dan ditebuk hingga menjadi Sampan untuk alat transportasi.

Untuk menjalankan alat transportasi ini menggunakan alat yang namanya pengayuh dan galah. 

Pengayuh itu terbuat dari kayu, yang dibuat lempengan untuk mengayuhkan Sampan dan galah itu terbuat dari kayu ataupun bambu untuk menolakan Sampan biar tambah laju.

Sampan, dipakai harus ada yang mengemudikannya dengan pengayuh tersebut agar bisa kekanan, kekiri, dan berbalik arah sesuai dengan kemauan kita. Yang didepan bisa juga menggunakan pengayuh atau galah untuk menjalankan Sampan tersebut.
__ __ __ __ __ __
Sumber : @askurnislubis
_ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _

0 Response to "Sampan: Alat Transportasi dan Budaya Masyarakat Mentawai"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel