Air Terjun Tujuh Timbulun


Air Terjun Timbulun ( Foto : Dok. Tour _Sumbar )


#raunholic pesisir selatan – Tak banyak yang mengetahui bahwa Kabupaten Pesisir Selatan memiliki destinasi wisata Air Terjun yang indah dan eksotik.  Air Terjun itu adalah Air Terjun Timbulun. Wali Nagari Lakitan Tengah, Irwandi menyebutkan objek wisata Air Terjun Tujuh Timbulun dapat dijangkau dengan berjalan kaki lebih kurang selama satu jam dari pemukiman penduduk di sana.

Air terjun yang memiliki ketinggian setinggi 40 meter disebut  Air Terjun Timbulan Palano, airnya tidak langsung jatuh atau terjun, namun mengikuti lekukan batu yang menyerupai sadel sepeda.

Berikutnya, Timbulun Sampik sesuai dengan namanya “sampik” yang diartikan dari bahasa masyarakat setempat yakni sempit, sempit yang dimaksud bukanlah lokasinya namun air terjun setinggi 15 meter jatuh dari titik sempit sehingga dinamakan Timbulun Sampik.
Seterusnya, Timbulun Sumu-Sumu atau sumur-sumur, di lokasi terdapat lekukan yang berisi air dan yang tidak kalah indah air pada sumur-sumur itu berasal dari air terjun setinggi satu hingga dua meter.

Timbulun Barangin, di lokasi terdapat dua air terjun setinggi 25  meter. Selanjutnya, Timbulun Golek-Golek di lokasi terdapat hamparan bebatuan berdiameter hampir 50 meter yang memungkinkan puluhan orang tidur-tiduran. Timbulun Cik Baruak atau Timbulun Kotoran Beruk. Dinamakan demikian karena di lokasi itu terdapat kerikil yang menyerupai kotoran Beruk (Macaca nemestrina).

Terakhir ada air terjun setinggi 15 meter yang meluncur dari bebatuan. Nama timbulun diambil dari masyarakat setempat karena pada dekade 80-an yang bersangkutan terjatuh di lokasi ketika pulang dari ladangnya namun menurutnya peladang itu selamat dari kejadian tersebut.

Banyak pihak telah berusaha memperkenalkan destinasi wisata yang satu ini. Salah satunya Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) Unit IX Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) . Beberapa waktu yang lalu, Tim dari KPHP meninjau objek wisata Air Terjun Tujuh Timbulun. Tujuan tersebut untuk mengidentifikasi potensi lingkungan di kawasan Hutan Produksi Terbatas yang bisa dimanfaatkan untuk pariwisata.

Tim ini berharap ke depannya muncul keinginan masyarakat untuk bermitra dengan KPHP dalam pengelolaannya. Air Terjun Tujuh Timbulun sendiri berada di Nagari Lakitan Tengah, Kecamatan Lengayang.

Dan KPHP, Dinas Kehutanan provinsi bahkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan akan mengalokasikan anggaran untuk pembangunan kawasan objek wisata tersebut.

Pembangunan itu mencakup desain tapak, rencana pembangunan dan sarana dan prasarana penunjang.

Dihimpun dari berbagai sumber.

0 Response to "Air Terjun Tujuh Timbulun"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel