Batik Lumpo Pessel Bakal Merambah Pasar Internasional

Lisdha Hendrajoni saat mengunjugi Pengrajin Batik Tulis Lumpo ( Foto : Dok . Humas Pessel )
#raunholic Painan - Namanya diperkenalkan sebagai Batik Lumpo. Batik yang ada di Lumpo memiliki ciri khas pewarnaan alaminya seperti kulit rambutan, kulit jengkol, gambir, dan hal lainnya.  Sedangkan untuk pemasaran hasil batik di Pesisir Selatan, Dekranasda melakukan kerja sama dengan pihak bank yang ada di Pesisir Selatan, dan melalui Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) Sumatera Barat.

Kampung Batik di Lumpo melibatkan beberapa Kenagarian yang ada di Lumpo diantaranya Kenagarian Limau Gadang, Kenagarian Balai Senayan, Kenagarian Ampuan.Kampung Batik sebagai sentra Batik,  Lumpo juga akan dijadikan daerah wisata batik.

Batik Tulis Lumpo punya banyak corak, terdiri dari  batik tulis dan cap. Motif dan warnanya juga  beraneka ragam tidak kalah dengan batik dari daerah-daerah lain. Begitu juga dengan harga yang bermacam-macam sesuai dengan bahan atau motif yang digunakan.

Batik ini merupakan ciri khas dari  Kabupaten Pessel. Karena selain pengerjaannya dilakukan secara tradisional, bahan-bahan untuk pembuatan batik ini juga memanfaatkan bahan alami yang terdapat di wilayah sekitar, seperti daun gambir, buah pala, jengkol, dan lainnya.

Selain nagari sekitar, sebanyak 25 rumah di Nagari (desa adat) Ampuan yang merupakan lokasi pembuatan akan dicat dengan pola batik dan rencana itu mendapat dukungan dari PT Semen Padang dan juga Bank Nagari. Inilah komitmen dari kedua BUMN ini dalam mengembangkan kerajinan Batik Lumpo.
Dihimpun dari berbagai sumber

0 Response to "Batik Lumpo Pessel Bakal Merambah Pasar Internasional "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel