EKSOTIKA BANSI MINANGKABAU


#raunholic -- Alunan musik bansi memang sering membuat pendengarnya larut dan hanyut dalam nuansa alam Minangkabau. Tak jarang, anak Nagari yang berada di rantau tanpa sadar berlinang air mata Takana Jo Kampuang kala mendengarkan alunan bansi. 

Alat musik tiup merupakan tradisi yang ada di setiap kebudayaan, termasuk kebudayaan Minangkabau. Bansi merupakan salah satu alat musik tiup yang terkenal di Sumatra Barat, yang termasuk paling banyak dipelajari. Alat musik tiup ini kerap terlihat di berbagai acara tradisional dan pertunjukan adat, dan seruling ini juga termasuk mudah dipelajari.

Ciri khas seruling ini adalah bentuknya yang pendek serta memiliki 7 lubang. Ukurannya kurang lebih 33,5-36 cm. Sementara garis tengahnya 2,5-3 cm. Bansi terbuat dari bambu tipis atau talang. Ukurannya yang pendek tersebut memudahkan siapapun untuk belajar, bahkan bagi yang jari-jemarinya pendek atau kurang lentur. 

Hal ini membuat Bansi sering dijadikan seruling Minangkabau yang dipelajari pertama kali oleh mereka yang ingin belajar alat musik tiup khas Sumatra Barat.Bansi sangat fleksibel dengan berbagai aliran musik karena memiliki nada standarBansi cocok dimainkan sambil mengiringi berbagai macam musik. Selain dapat memainkan musik tradisional juga bisa musik modern karena memiliki nada standar.

Bansi sangat mudah dimainkan jika sudah memahami cara meletakkan jemari di lubang-lubangnya serta nada-nada dasarnya. Suaranya yang lembut membuatnya memberikan tambahan yang berbeda dalam setiap alunan musik. 

Bansi sering muncul dalam berbagai pertunjukan tradisional, pertunjukan musik, acara adat yang menggunakan musik, bahkan pertunjukan musik yang memadukan instrument tradisional dan modern.

Bansi sering juga digunakan untuk mengiringi tarian tradisional seperti tari pasambahan. Bansi sering dimainkan bersama saluang.  

Jika Anda ingin menikmati keindahan alunan musik bansi Minangkabau yang berlatar belakang keindahan alam Danau Singkarak dan Nagari Sumpur, berikut sajian musik bansi yang bisa Anda nikmati:



 

0 Response to "EKSOTIKA BANSI MINANGKABAU "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel