9 DESTINASI WISATA FAVORIT DI AIE ANGEK


Dijamin Anda ketagihan untuk datang lagi. Itulah yang Anda rasakan saat berkunjung ke Minangkabau . Alam Minangkabau memang tidak akan ada habisnya untuk dikunjungi dan dinikmati. Salah satu destinasi wisata yang perlu Anda masukkan dalam agenda kunjungan wisata Anda adalah Nagari Aie Angek.

Aie Angek yang merupakan salah satu Nagari di kaki Gunung Marapi memiliki segudang potensi wisata yang potensial. Nagari yang secara administratif masuk ke wilayah Kecamatan X Koto -Kabupaten Tanah Datar ini terus bertumbuh menjadi destinasi pariwisata Sumatera Barat favorit.
Posisinya yang cukup strategis, di jalur Nasional yang merupakan perlintasan kendaraan Padang - Bukittinggi, menjadi nilai tambah Nagari Aie Angek. Setiap harinya, kendaraan dengan tujuan Kota-kota di Jawa, Medan, Pekanbaru, dan Jambi lalu lalang melintas di Aie Angek.

Beberapa destinasi wisata yang layak Anda kunjungi di Nagari Aie Angek cukup banyak. Dari wisata alam, wisata budaya dan seni, hingga wisata yang paling disukai oleh wisatawan, wisata kuliner.

Berikut 9 Destinasi wisata favorit yang layak Anda kunjungi di Nagari Aie Angek ;

1. Kawasan Rest Area Aie Badarun Dan Sambalado

Untuk Anda yang baru memasuki Nagari Aie Angek dari arah Padang Panjang atau Bandara Internasional Minangkabau,  Anda akan disambut oleh kawasan Rest area favorit, Rumah Makan Aie Badarun dan Sambalado. Kedua Rumah Makan ini posisinya berhadap-hadapan. Jadi kita dapat memilih sesuai selera kita.


Dan kedua Rumah Makan ini memiliki lahan parkir yang cukup luas dan bisa dikatakan aman . Keduanya menyajikan masakan khas Minang yang terkenal kelezatannya.  Kawasan ini cenderung ramai setiap harinya.

Menu masakan lezat khas Minangkabau dapat Anda nikmati. Dan Anda pun dapat rehat sejenak sekaligus melakukan ibadah sholat.

2. Rumah Puisi TAUFIQ  ISMAIL dan Rumah Budaya Fadli Zon

Hanya berjarak belasan meter dari Rumah Makan , Anda dapat menemui sebuah destinasi wisata budaya dan seni.


Adalah penyair legendaris Indonesia, Taufiq Ismail, mendirikan sebuah tempat untuk menegakkan jejak kiprah dan karya-karyanya dalam berpuisi. Beliau namakan Rumah Puisi Taufik Ismail.  Rumah Puisi ini cukup dikenal oleh para Pegiat Seni dari tingkat Nasional hingga Internasional. Karena berbagai even sering diadakan di tempat ini.

Masih di kawasan yang sama, juga terdapat Rumah Budaya Fadli Zon. Dengan tujuan dan visi yang sama dalam usaha pelestarian budaya Minangkabau, Fadli Zon berusaha mengumpulkan aset budaya Minangkabau di tempat tersebut.

3. Aie Angek Cottage

Masih satu kawasan dengan Rumah Puisi dan Rumah Budaya, tersedia sebuah penginapan dan Cafe Kaki Langit yang sangat cocok untuk Anda sekeluarga berakhir pekan. Aie Angek Cottage, sebuah tempat peristirahatan dengan pemandangan gunung Singgalang dan Gunung Marapi menjadikan Aie Angek Cottage punya keistimewaan.

Jika Anda pecinta fotografi, lokasi ini adalah lokasi yang layak Anda kunjungi saat matahari dalam posisi Sunrise dan Sunset.

4. Pasar Sayur Dan Kebun Strawberry

Disamping Aie Angek Cottage terdapat kios-kios sayur yang  menjual sayur-sayuran segar dan masalah harga cukup manenggang.


Masih satu blok dengan Pasar Sayur, terdapat Kebun Strawberry . Di sini , kita bisa memetik strawberry sendiri dan langsung melahapnya. Dan jika Anda berkeinginan membawanya sebagai buah tangan, Anda dapat meminta kepada penjaganya  untuk membungkuskannya. Kalau perut Anda terasa keroncongan, Anda mengunjungi lapau-lapau yang ada di daerah ini.


5. Tabek Busuak ( Telaga Harapan)

Di Jorong Kapalo Koto dan Koto Nan Gadang terdapat Tabek Busuak atau dikenal juga dengan nama Telaga Harapan. Telaga ini sudah menjadi destinasi wisata bagi para penggemar mancing mania.  Di Tabek ini sering digelar lomba Pancing Ikan dengan hadiah jutaan. Tabek Busuak mampu menampung  ratusan pemancing.

6. Pemandian Air Panas Aie Angek

Di Jorong Kandang Sampia terdapat satu sumber air panas (aie angek) dari Gunung Marapi . Untuk memudahkan pengunjung, sumber air panas ini ditampung dalam sebuah kolam. Dan kolam tersebut menjadi tempat pemandian masyarakat dan pengunjung.

Pemandian ini terdiri dari dua bagian yakni bagian arah ke timur untuk  perempuan,  dan bagian arah ke barat diperuntukkan bagi pria. Di sini Anda bisa berendam air panas dengan nyaman. Cukup membayar uang parkir kendaraan saja, karena tak ada tiket masuk ke pemandian air panas ini.

7. Air Terjun Sarasah

Aie Angek juga memiliki Air Terjun Sarasah, letaknya di kaki Gunung Marapi. Arah masuknya dari Jembatan kereta api yang berada di depan pesantren Hira'. Air terjun ini persis berada di dekat Tanah Dambin-Dambin (sebuah hamparan cukup luas di kaki gunung Marapi).


Air Terjun Sarasah ini memiliki ketinggian  kurang lebih sekitar 17 meter.Saat Anda mendaki gunung Marapi melalui jalur Air Angek , Anda akan dengan mudah menemukan Sarasah ini.

8. Agro Wisata 

Kawasan Nagari Aie Angek terdapat agrowisata sayur dan buah-buahan . Aie Angek dianugerahi tanah yang subur. Ratusan hektare tanaman sayur lobak kol, buncis, wortel, sawi, cabe, tomat, salederi dan lainnya, membuat Nagari ini sebagai produsen sayuran utama di Tanah  Datar .


Jika Anda berlibur ke Aie Angek, nikmati indah dan asrinya pemandangan kebun sayur ini.

9. Jalur Pendakian Gunung Marapi

 Selain jalur Koto Baru, Anda dapat mendaki Gunung Marapi melalui jalur pendakian baru Aie Angek.  Pendaki  akan memulai pendakian di posko , ada sebuah bangunan villa di lokasi tersebut . Lokasinya berada  tak jauh dari Air Terjun Sarasah, sekitar 500 meter, di sekitar hamparan pohon pinus.


Track baru ini resmi  dibuka sejak akhir Desember 2016 lalu, bertepatan dengan momen pergantian tahun.  Ribuan pendaki menikmati track baru via Aie Angek ini, yang sebelumnya tak pernah mereka dapatkan. 

Inyong Budi 

0 Response to "9 DESTINASI WISATA FAVORIT DI AIE ANGEK"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel