Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Silek Lanyah - Minangkabau

Aksi Silek Lanyah di Desa Wisata Kubu Gadang ( foto : Mevi Rosdian )



#raunholic -- Silat merupakan seni tradisi beladiri turun temurun yang ada di Minangkabau. Salah satunya atraksi bersilat di dalam lumpur sawah. "Silek" atau Silat merupakan tradisi beladiri turun temurun yang ada di Minangkabau.




Bermacam filosofi terkandung dalam ajaran silek ini, begitu juga dengan teknik dan metode dalam pendidikannya.Silek lanyah atau silat lumpur, dilestarikan di desa wisata Kubu Gadang, Padangpanjang, Sumatera Barat. 

Martial Art ini termasuk sulit dilakukan karena medan bersilat yang sangat berat dengan bersilat di atas lumpur sawah sebelum dibajak (usai panen). 




Muda-mudi setempat terus melanjutkan dan mempopulerkan tradisi nenek moyang mereka itu.Menurut mereka yang "basilek lanyah" ,"cakak basamo" salah satu bagian yang paling seru,  dimana semua pesilat bertarung bebas, tidak ada kawan,  semuanya lawan. Hal ini bertujuan untuk melatih insting maupun reflek tubuh. Mengasah "garak jo garik" . 

Namun sangat berbahaya, terkadang sering terjadi cidera pada waktu latihan. karena siapun boleh menjatuhkan siapapun.Tradisi inilah yang kemudian kembali gencar diangkat oleh masyarakat Desa Wisata Kubu Gadang, Padang Panjang, Sumatera Barat, yang mempopulerkan 'Silek Lanyah' atau bersilat dalam kubangan lumpur sawah.





Kegiatan tradisi ini biasa dilakukan warga saat akan membajak sawah usai panen. Alunan musik gedang tabot mengeringi atraski 'Silek Lanyah' ini. Traditional Minangkabau Martial Art perform on Mud. Kubu Gadang Village. Padang Panjang". 



Silek merupakan salah satu media pembentukan karakter laki-laki di MInangkabau yang mengandung banyak filosofi di dalam pendidikan dan pembelajarannya "

#raunholic